Thursday 10 January 2019

Inilah 10 Kata-Kata Bijak yang Pasti agar Hidupmu Penuh Motivasi

Kehidupan manusia tak terlepas dari berbagai peristiwa, tantangan, rintangan, kesempatan, dan pengalaman. Semua itu bisa dijadikan pelajaran setiap insan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Pengalaman adalah guru terbaik yang mengajarkan banyak hal, sehingga seseorang tidak jatuh di lubang kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

BACA JUGA:  Inilah Kumpulan Kata Kata Bijak Cinta!!!

Beberapa orang mungkin pernah merasakan atau sedang menjalani fase kehidupan yang berat dan menyakitkan. Hidup seperti drama yang tak berkesudahan. Apalagi bagi mereka yang kurang bersyukur, pasti akan menganggap bahwa kehidupan ini sebagai sebuah kutukan berat.

Bila Anda tengah merasakan hal seperti itu, mungkin Anda membutuhkan kata-kata bijak soal kehidupan dari para tokoh dunia yang dapat memotivasi diri. Kata-kata tersebut dapat Anda renungkan sehingga menjadi bahan introspeksi. Belajar dari kata-kata mutiara berikut ini, dapat membantu hidup Anda dengan pola pikir positif dan perilaku yang lebih baik.

Tips: Hidup itu sederhana jika menjalaninya dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Jalani saja porsi hidup Anda dan tidak ikut campur dalam kehidupan orang lain. Sederhana bukan? Tapi terkadang Anda terlalu masuk dalam urusan orang lain yang bukan bagian dari hidup Anda, sehingga hidup terasa begitu berat dan rumit. Kebiasaan bergosip, mencemooh, berucap buruk dan tidak benar kerap dilakukan. Anda menganggap diri Anda rendah. Inilah yang membuat hidup Anda terasa sulit.

2. Bahagia adalah Segalanya
“Hal yang paling penting adalah menikmati hidupmu, menjadi bahagia, apapun yang terjadi.” - Audrey Hepburn.

Tips: Karena hidup Anda bukan ditentukan oleh orang lain, jadi Anda harus bisa membuat jalan hidup Anda sendiri. Anda yang berhak memutuskan apa yang terbaik untuk Anda. Menjalani hidup yang Anda miliki sebaiknya diikuti dengan kebahagiaan yang bisa Anda dapatkan dari diri sendiri, keluarga, rekan, dan lingkungan sekitar. Tidak ada alasan untuk tidak bahagia bukan?

3. Hidup Bukan Soal Mencari Jati Diri
“Hidup itu bukan soal menemukan diri Anda sendiri, hidup itu membuat diri Anda sendiri.” -George Bernard Shaw.

Tips: Terkadang Anda terjebak pada satu frasa yang salah dalam hidup, yaitu fase mencari jati diri. Tidak ada jati diri yang hilang. Jati diri ada karena dibentuk oleh setiap orang, oleh Anda, bukan dibuat dan disembunyikan dari Anda, sehingga mereka harus mencari jati diri. Seperti apa diri Anda tergantung dari bagaimana Anda memilih hal-hal apa saja yang berpengaruh dalam kehidupan Anda.

4. Hidup adalah Panggung Sandiwara Nyata
“Hidup adalah mimpi bagi mereka yang bijaksana, permainan bagi mereka yang bodoh, komedi bagi mereka yang kaya, dan tragedi bagi mereka yang miskin.” - Sholom Aleichem.

Tips: Hidup bisa jadi suatu hal yang sangat menyenangkan atau bahkan sangat menyedihkan. Hal ini terjadi karena perbedaan sudut pandang yang dipengaruhi latar belakang setiap orang. Untuk membuat Anda tetap bahagia, maka Anda harus memiliki sudut pandang yang positif, menganggap bahwa hidup Anda patut disyukuri dan dinikmati dengan segala kebahagiaan, bukan hanya diisi dengan kemurungan dan duka berlarut-larut.

5. Hidup Penuh Misteri
“Kenyataannya, ada tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Hidup adalah pengendaraan yang gila dan tidak ada yang menjaminnya.” – Eminem.

Tips: Anda tidak bisa meramalkan masa depan, sekalipun dalam satu detik ke depan. Anda bisa saja berencana untuk menghabiskan waktu dengan siapa dan seperti apa, tapi Anda tidak bisa menjamin pasti bisa melakukan hal tersebut dan berapa lama Anda akan hidup di dunia ini. Maka dari itu, nikmati kehidupan yang Anda miliki, bersyukur dan berbahagia dengan segala yang Anda punya akan membawa Anda pada hakikat kehidupan yang sesungguhnya.

6. Tujuan Hidup adalah Bahagia
“Tujuan hidup kita adalah menjadi bahagia.” - Dalai Lama.

Tips: Kebahagiaan akan membuat hidup Anda lebih berwarna. Bahagia akan membuat Anda tetap bertahan meski sering mengalami kegagalan dalam hidup. Dengan membawa kebahagiaan setiap hari, setiap waktu, di manapun berada, Anda pun sebenarnya sedang melawan hal-hal buruk yang ingin membuat Anda jatuh dan bersedih.

7. Cinta dan Ilmu Pengetahuan Bikin Hidup Lebih Baik
“Hidup yang baik adalah hidup yang diinspirasi oleh cinta dan dipandu oleh ilmu pengetahuan.” - Bertrand Russell.

Tips: Orang menamakan cinta sebagai sesuatu hal yang imajiner. Nyatanya, hal imajiner ini justru membawa Anda kepada kehidupan yang baik. Dengan cinta, Anda bisa merasakan simpati dan empati, dan membuat hidup bahagia. Hidup bersama cinta dipandu dengan ilmu pengetahuan akan membuat hidup Anda seimbang.

Baca Juga: Keuangan Sehat, dan Manfaat Hidup Hemat Lainnya

8. Biarkan Kehidupan Mengalir seperti Air
“Hidup adalah serangkaian perubahan yang alami dan spontan. Jangan tolak mereka karena itu hanya membuat penyesalan dan duka. Biarkan realita menjadi realita. Biarkan sesuatu mengalir dengan alami ke manapun mereka suka.” - Lao Tzu.

Tips: Membiarkan sesuatu hal mengalir secara alami, sama seperti halnya Anda menerima kenyataan hidup yang Anda hadapi tanpa harus denial. Setiap masalah pasti akan mendewasakan Anda. Anda tidak perlu marah dan menolak hal-hal yang terjadi pada Anda, sekalipun hal itu sangat menyakitkan bagi Anda. Di balik setiap peristiwa, ada hal-hal baru yang bisa Anda mengerti ketika Anda sudah bisa merelakan kenyataan sebagai sebuah kenyataan, bukan lagi sebagai mimpi.

9. Hidup Ini Singkat
“Anda di sini hanya untuk persinggahan yang singkat. Jangan terburu, jangan khawatir. Yakinlah bahwa Anda menghirup wangi bunga sepanjang perjalanan.” - Walter Hagen.

Tips: Kehidupan Anda hanyalah sementara. Suatu saat semua yang bernyawa pasti akan mati dan kembali kepada pencipta-Nya. Jangan menjalani hidup Anda tanpa arti. Setidaknya, Anda bisa kembali dengan membawa kenangan baik dan tidak terlupakan. Anda tidak harus menjadi orang kaya untuk bisa membuat kenangan yang baik, tapi setidaknya bisa berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Anda juga tidak harus bekerja setiap hari sampai larut malam hingga mengorbankan jam istirahat. Cukup kerjakan semampu dan sewajarnya tanpa harus kehilangan momen berarti bersama keluarga. Cintai hidup Anda, tetapi jangan terlalu mencintai apa yang ada dalam hidup Anda, karena Anda tidak pernah tahu kapan mereka akan berhenti mencintai Anda.

10. Hidup adalah Cerminan Diri
“Hidup adalah cermin dan akan merefleksikan kembali kepada para pemikir mengenai apa yang mereka pikirkan.” - Ernest Holmes.

Tips: Hidup terjadi dari apa yang Anda pikirkan. Ketika Anda berpikir bahagia, hidup Anda akan membahagiakan. Ketika berpikir sebaliknya, kenyataan akan seperti itu. Hidup layaknya sebuah cermin dan diri Anda adalah pikiran Anda sendiri. Untuk membuatnya nampak menarik dan menyenangkan, maka yang ada di dalam pikiran kita pun harus diselaraskan. Tidak ada orang yang bahagia ketika dalam pikirannya penuh dengan duka dan pikiran-pikiran negatif. Kebahagiaan hanya datang pada mereka yang yakin bahwa hidup adalah sebuah berkat yang harus disyukuri.

No comments:

Post a Comment