Friday, 18 January 2019

Inilah Kata Kata Wanita Muslimah Sebagai Renungan Sehari Hari

Inilah Kata Kata Wanita Muslimah Sebagai Renungan Sehari Hari

Inilah Kata Kata Wanita Muslimah Sebagai Renungan Sehari Hari

Selalu ada hikmah di balik setiap kejadian yang berlangsung di dunia ini. Akan tetapi, tak semua orang mampu merenung dan memahaminya. Kalau kamu wanita muslimah dan ingin mencoba merenungi beberapa hal yang berkaitan denganmu, membaca kata-kata inspiratif yang ada di sini mungkin bisa membantu.


Jilbab, cinta, ujian hidup, dan ibadah adalah beberapa persoalan yang lekat dengan kehidupan wanita muslimah. Begitu pun dengan posisi wanita dalam Islam sendiri. Kalau kamu wanita muslimah dan sedang menghadapi masalah berkaitan dengan kelima hal tersebut, cobalah baca kata-kata yang ada di sini.

Mungkin membaca kumpulan kutipan bijak ini tidak akan serta merta menyelesaikan masalahmu. Namun, semoga saja setidaknya bisa membuatmu merenung dan mendapatkan cara pandang baru.

Sebagai contoh, bisa jadi sebelumnya kamu menganggap jilbab adalah sebuah batasan. Tapi setelah membaca kutipan di sini, kamu jadi sadar kalau sebenarnya itu adalah bentuk penghargaan terhadap wanita dalam Islam.

Nggak hanya bisa kamu jadikan sebagai renungan untuk diri sendiri, kamu juga bebas membagikannya ke orang lain. Kamu pun bisa memasangnya sebagai caption untuk menghiasi media sosialmu. Yuk, langsung cari tahu selengkapnya!

Kata-Kata Bijak Islami tentang Wanita
1. Pengangkat Derajat Perempuan
Islam menaikkan derajat wanita dari dasar bumi hingga pada akhirnya surga diletakkan di bawah kakinya.
Dr. Maulana Ansari

Ada beberapa kalangan yang menganggap Islam adalah agama yang mengungkung kebebasan perempuan. Mereka mungkin tak tahu, sebenarnya agama ini justru mengangkat derajat dan memuliakan kaum hawa.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa ibu adalah sosok yang harus dihormati di dunia ini setelah Allah dan Rasulullah sendiri. Ada pula ungkapan yang mengatakan bahwa surga terletak di bawah kaki ibu sehingga kita tak boleh durhaka terhadapnya. Sungguh mulia, kan, posisi perempuan menurut Islam?

2. Antara Perempuan dan Bunga
Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang.
Ali bin Abi Thalib

Tak hanya agamanya sendiri yang mengajarkan untuk menghormati perempuan, pemeluknya pun demikian. Ali bin Abi Thalib, khalifah terakhir sekaligus menantu Rasulullah, pernah mengungkapkan kata-kata bijak tentang wanita muslimah di atas.

Sudah menjadi kodrat perempuan pada umumnya untuk memiliki hati yang lebih lembut dari laki-laki. Oleh karena itu, mereka hendaknya diperlakukan dengan lembut agar tak mudah sakit dan hancur. Kamu pun, pasti nggak suka dikasari orang lain, kan?

3. Bukanlah Pakaian
Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu pakai dan kamu lepas semaumu. Mereka terhormat dan memiliki haknya.
Umar bin Khattab

Senada dengan Ali bin Abi Thalib, khalifah kedua, Umar bin Khattab, juga berpendapat bahwa perempuan adalah sosok yang patut dihormati. Hal itu diungkapkannya melalui kata-kata bijak islami penyejuk hati tentang wanita muslimah ini.

Beliau menentang anggapan bahwa perempuan tak lebih berharga dari pakaian yang hanya dipakai saat dibutuhkan saja, lalu dibuang jika dianggap tak berguna. Bangga, kan, ada tokoh besar yang memperjuangkan hak perempuan seperti ini?

4. Wanita Muslimah
Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya. Anonim

Meski Islam mengajak penganutnya untuk menghormati perempuan, ada kalanya hal itu sulit dilakukan. Terutama kalau orang itu tidak menghormati dirinya sendiri dan melakukan hal-hal yang membuatnya jadi rendah di mata orang lain.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu belajar menghormati dirimu sendiri. Salah satu caranya dengan memanfaatkan tubuh dan hidup yang telah diberikan Tuhan untuk melakukan kebaikan. Mungkin sulit membiasakan diri melakukannya. Tapi jika berhasil, kamu akan menjadi muslimah sejati seperti didefinisikan kutipan di atas.

5. Pendidikan bagi Perempuan
Para ekstremis takut dengan buku dan pena. Kekuatan pendidikan membuat mereka takut. Mereka takut pada perempuan.
Malala Yousafzai

Masih berkaitan dengan kata-kata bijak tentang wanita muslimah sebelumnya, memperoleh pendidikan juga bisa menjadi cara terbaik untuk menghormati diri sendiri. Jangan mau jadi kaum hawa yang hanya bisa menurut dan tak punya prinsip. Perluas wawasanmu dan lakukan segala sesuatunya karena kamu memang paham hal itu baik untukmu.

Begitu pentingnya pendidikan, bahkan menurut Malala Yousafzai bisa membuat para ekstremis Taliban takut. Mereka khawatir tak bisa lagi menakut-nakuti dan mengendalikan wanita. Maka dari itu, selagi kamu bisa mendapatkan pendidikan dengan mudah, manfaatkanlah kesempatan itu dengan sebaik-baiknya.

No comments:

Post a comment