Sunday 2 September 2018

Kata Kata Bijak Islam - tentang Kehidupan yang Bisa Menyejukan Hati dan Jiwamu

Kata Kata Bijak Islam - tentang Kehidupan yang Bisa Menyejukan Hati dan Jiwamu

Saat masalah melanda, kutipan motivasi yang berbau religius seperti kata kata bijak islam tentang kehidupan bisa dijadikan pilihan untuk menenangkan hati. Karena tak hanya berisikan kalimat yang mendamaikan, biasanya kutipan tersebut juga bisa memberikan solusi tentang persoalan yang dihadapi.


Walaupun hanya sekedar kata kata, namun kalimat tersebut bisa memberikan pandangan yang selama ini tak kamu pikirkan. Entah itu karena terlalu stres dengan persoalan hidup, atau memang belum sampai berpikir ke arah sana.
Seperti misal ternyata hal yang buruk tak selalu diberikan oleh alam untuk menyakiti manusia. Dan yang dikira baik juga belum tentu berujung baik. Dengan begitu hati menjadi tentram dan tentunya otak akan lebih mudah digunakan untuk berpikir.

Nah, itu tadi cuma salah satu contoh pencerahan aja. Kalau mau mendapat pencerahan dan inspirasi lain, simak kutipan kutipan di bawah ini aja!

Kata Kata Motivasi dalam Menghadapi Masalah.

Kata Kata Bijak Islam - tentang Kehidupan yang Bisa Menyejukan Hati dan Jiwamu


1. Bersabarlah dalam Penderitaan


Penderitaan adalah berkah. Terdapat makna tersembunyi di dalamnya.
Rumi

Tak semua orang bisa bersabar dan berpikir jernih saat mengalami suatu penderitaan. Yang ada di pikiran mereka biasanya hanya hal buruk dan kemarahan pada Tuhan. Mereka berpikir bahwa Tuhan tak menyayangi mereka dan akhirnya mereka mulai menjauhi Tuhan.

Padahal, semua itu hanya ujian untuk menaikkan derajat mereka di mata Tuhan. Tentu Sang Pemilik tidak buta. Bila terus sabar dan tawakal, maka imbalan yang diberikan-Nya pun akan sangat menggembirakan.


2. Sosok Kuat yang Sebenarnya

Orang terkuat bukanlah pegulat. Tapi, orang yang bisa mengontrol dirinya saat marah.
Hadis al – Bukhari

Musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri. Mungkin begitu maksud dari kata kata bijak Islam tentang kehidupan ini. Karena banyak orang yang terlihat kuat, mampu melakukan apapun dan mengalahkan siapa pun, tapi sering lepas kendali akan dirinya sendiri.

Seseorang baru akan dikatakan kuat bila dia bisa meredam emosi dan tidak menuruti nafsu. Tentu hal itu butuh proses yang cukup panjang dan sulit, tapi bukan berarti mustahil. Jadi, apakah kamu mau mencoba menjadi sosok yang kuat itu?

3. Yang Penting adalah Aksi

Jangan tertipu oleh orang yang hanya pandai menguraikan Al – Quran. Uraian hanyalah kata kata. Lihatlah mereka yang mendasarkan perilaku pada Al – Quran.
Umar Ibnu al – Khattab

Agama adalah sebuah keyakinan. Sebuah hal abstrak yang tidak hanya mampu dilihat oleh mata, tapi harus bisa dimaknai oleh hati. Itulah mengapa kata kata bijak Islam tentang kehidupan di atas hadir.

Kutipan tersebut mengatakan bahwa sebaik – baiknya umat adalah yang mendasarkan perilakunya pada Al – Qur’an. Karena kalau hanya hafal dan pandai menguraikannya, umat agama lain pun mungkin sanggup.

4. Inilah Pengetahuan Terbaik

Pengetahuan yang baik adalah yang memberi manfaat. Bukan yang hanya diingat.
Imam al – Syafi’i

Agama Islam mengajarkan manusia untuk terus belajar tentang apapun. Namun, kalau pengetahuan itu hanya disimpan di otak, pastinya akan sia – sia belaka. Karena itu kata kata bijak Islam tentang kehidupan di atas menyuruh kita untuk memanfaatkannya.

Dengan cara yang baik, pengetahuan tersebut tak hanya menjadi sebuah hafalan tak bermakna, tapi juga bisa bermanfaat untuk orang lain. Dengan begitu, ilmu yang kita miliki tak akan hilang begitu saja dimakan umur.

Baca Juga : Mari Mengenal Sistem Islam

5. Jangan Mudah Bergantung

Jangan terlalu bergantung pada siapapun di dunia ini. Karena bayanganmu saja akan meninggalkanmu di saat gelap.
Ibnu Taymiyyah

Seperti kata kata bijak Islam tentang kehidupan di atas, manusia lahir seorang diri dan akan menghadap Ilahi sendirian pula. Karena itu, sebaiknya memang kita harus hidup mandiri. Selain agar tidak merepotkan orang lain, kita jadi bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Dengan mendayagunakan kekuatan pribadi, Insya Allah akan lebih mudah untuk bertahan dalam segala kondisi. Dan pastinya, kualitas diri pun akan jadi lebih tinggi dari sebelumnya.

Kata Mutiara Islami Penyejuk Hati

Kata Kata Bijak Islam - tentang Kehidupan yang Bisa Menyejukan Hati dan Jiwamu

1. Jangan Sampai Hewan Lebih Unggul dari Manusia

Jangan sampai ayam jantan lebih pandai darimu. Ia berkokok di waktu shubuh, sedang kamu tetap lelap dalam tidur.
Lukman Hakim

Kata kata bijak Islam tentang kehidupan di atas ini cocok sekali dikirimkan buat temen atau saudaramu yang males bangun pagi. Manusia derajatnya jauh lebih mulia dari hewan.

Kalau hewan yang tidak punya pikiran dan kewajiban saja mampu bangun pagi. Masa manusia yang punya banyak keperluan di pagi hari, salah satunya ibadah wajib, masih tidur dan enggak ngapa-ngapain?!


2. Perbuatan Baik

Lakukanlah kebaikan sekecil apapun, karena engkau tidak pernah tahu kebaikan yang mana yang akan membawamu ke surga.
Imam Hasan Al-Basri

Terkadang kita sering menyepelekan perbuatan baik yang sepele. Alasannya mungkin karena tidak ada yang melihat. Atau  karena tidak terlalu besar efeknya bagi orang banyak, semisal menyingkirkan paku di jalan.

Padahal, pahala sebuah perbuatan tidak bisa dihitung dengan nalar manusia. Tuhan jauh lebih mampu mengukurnya. Dan bisa saja, hal baik yang dikira sepele itu bisa memberatkan timbangan amal baikmu.

3. Pilihlah Sahabat yang Tepat

Jangan mengharapkan persahabatan dari mereka yang tak mengharapkan bersahabat denganmu. 
Ali bin Abi Thalib

Quotes tentang persahabatan ini cocok untuk kamu yang bingung akan sikap temanmu. Perasaan kamu udah berusaha sebaik baiknya jadi teman tapi kok sikap mereka enggak banget ya?!

Yaudah, berhenti membuang buang waktu untuk mereka. Percayalah, masih banyak orang baik yang bisa jadi sahabat yang baik di luar sana. Yang penting, kamu harus terus jadi orang baik dan berbuat baik.


4. Mengingat Tuhan

Ketika Tuhan menjadi pusat dari prioritas hidupmu. Maka, Engkau juga akan jadi pusat dari penjagaan Tuhan.
Hamzah Yusuf

Kita tahu kita memiliki Tuhan. Tapi kadang, kita lupa bahwa Tuhan butuh perhatian sehingga kita bertindak seakan akan manusia adalah pencipta dari kehidupannya sendiri. Lalu marah pada Tuhan saat semuanya tak sesuai dengan kehendak.

Kata kata bijak Islam tentang kehidupan ini mengingatkan bahwa kita harus adil terhadap Tuhan. Kalau mau Tuhan peduli sama kita, ya seyogyanya kita juga harus taat dan dekat pada-Nya. Cukup adil bukan?

5. Arti dari Cobaan

Tuhan memberiku sindrom Parkinson ini untuk menunjukan kalau Aku bukanlah “Yang Terhebat”. Melainkan hanya Dia (Tuhan).
Muhammad Ali

Ungkapan dari mantan petinju dunia ini menyadarkan kita akan arti cobaan. Tujuan cobaan bukan menyakiti manusia, tapi untuk menyelamatkannya dari kesombongan, salah satu perbuatan yang dibenci Tuhan.

Dan pastinya, Tuhan juga ingin mengingatkan manusia akan kodratnya sebagai seorang hamba. Hamba yang Ia ciptakan untuk menyembah dan memujanya, bukan untuk melawan-Nya.

Kata kata Bijak Motivasi Islam


1. Indah di Kemudian Hari

Ketahuilah bahwa suatu hari lukamu akan menjadi obat bagimu.
Rumi

Kata kata bijak islam tentang kehidupan di atas bisa memotivasi kita untuk bertahan dalam cobaan hidup yang tengah mendera. Memang untuk saat ini rasanya sakit dan susah.

Namun ingatlah, apapun yang Tuhan gariskan tak ada yang sia sia. Cobaan ini bisa membuatmu jauh lebih kuat dari sebelumnya. Atau bahkan bisa memotivasimu untuk mendapatkan keadaan yang jauh lebih baik dari sekarang.


2. Tanda Tuhan Cinta Padamu

Jika Tuhan membimbingmu untuk mengingat-Nya. Itu adalah tanda bahwa Tuhan Cinta padamu.
Ali bin Abi Talib

Jangan remehkan nasihat orang tentang kebaikan. Karena bisa berarti itu adalah Tuhan yang sedang berbicara denganmu. Tuhan kan tidak mungkin meneriakimu dari langit untuk berbuat kebaikan.

Dan ketahuilah, setiap ajakan kebaikan adalah tanda Tuhan cinta padamu. Ia tak ingin kamu jatuh ke dalam keburukan sehingga kamu harus menerima siksa yang pedih dari-Nya.

3. Jalan Tuhan

Tuhan akan selalu membukakan jalan untukmu walau nampaknya tak mungkin ada jalan.
Dr Bilal Philips

Jika kamu mulai depresi dengan masalahmu, ingatlah kata mutiara islami penyejuk hati ini. Jika sudah berkehendak, tak ada yang tak mungkin bagi Tuhan. Karena itulah ada yang namanya mukjizat.

Yang kamu harus lakukan adalah terus berusaha sekuat tenaga dan memohon bantuan dari Tuhan. Entah bagaimana akan ada cara mengatasi masalah dari arah yang kamu tak pernah sangka.

4.  Pentingnya Ketulusan

Perbuatan baik tanpa disertai ketulusan sama seperti menambahkan kotoran ke dalam air dan memanggulnya. Terasa memberatkan dan tidak memberi manfaat apapun pada yang memikulnya.
Imaam Ibn-ul-Qayyim

Selalu tulus dalam berbuat adalah nilai yang ingin disampaikan oleh kata kata bijak Islam tentang kehidupan di atas. Tak harus kebaikan yang besar atau yang berimbas ke banyak orang.

Kebaikan kecil pun bisa jadi bermakna di mata Tuhan asalkan kita tulus melakukannya. Dan hal tersebut mungkin akan lebih mudah kalau kita menjadikan Tuhan sebagai pertimbangan utama.

5. Pribadi yang Lebih Baik

Wanita yang baik untuk lelaki yang baik. Dan lelaki yang baik adalah untuk wanita yang baik (pula).
Surat An Nur:26

Kata mutiara Islam tentang cinta di atas cocok banget buat para single lady yang lagi menunggu pangerannya. Jangan cuma asyik memoles wajah aja, sikap dan karakter juga perlu dibentuk kalau ingin mendapatkan lelaki yang “wow”.

Karena ada yang bilang bahwa jodoh adalah cerminan diri. Kalau begitu, yuk jadikan kata mutiara Islam tentang wanita ini sebagai bahan perbaikan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik!

Kata Kata Bijak Sabar


1. Jihad yang Sebenarnya

Jihad terhebat adalah bertarung melawan dirimu sendiri. Untuk berjuang melawan sifat buruk dalam diri.
Nabi Muhammad SAW

Kalau ingin berjuang untuk agama, tak perlu jauh jauh ke negara perang. Kata kata bijak Islam tentang kehidupan di atas sudah memberi tahumu caranya. Yaitu dengan melawan hawa nafsumu dulu.

Hal yang sederhana namun sangat sulit untuk dilakukan. Cara ini terbukti lebih efektif, murah dan enggak muluk muluk tapi efeknya langsung terasa lho!

2. Batas Kesabaran

Sabar itu tak ada batasnya. Kalau ada batasnya berarti tidak sabar namanya.
Gus Dur

Begitulah kesabaran. Butuh pemikiran yang dalam dan bijak banget untuk mengerti hakikat sebenarnya. Dan pastinya, butuh usaha yang jauh lebih berat daripada mikirnya untuk mewujudkan kesabaran itu sendiri.

Yang pasti sih kata kata bijak islami tentang kehidupan di atas tak hanya menyuruhmu untuk diam aja saat bersabar. Lakukanlah sesuatu karena siapa tahu hal tersebut bisa membuat reward bersabarmu datang lebih cepat.

3. Balasan akan Kesabaran

Memang sulit untuk bersabar. Tapi membuang pahala dari bersabar itu jauh lebih buruk. 
Abu-Bakr as-Siddique (RA)

Suka sebel sama orang yang bilang sabar? Wajar banget. Sabar itu sulit, apalagi buat yang menjalankan. Hal itu juga di-iyakan oleh tokoh besar Islam yang juga sahabat nabi yang dikenal memiliki keteguhan yang luar biasa.

Namun, walau sulit akan lebih rugi kalau tidak sabar. Karena sudah ganjaran bersabar hilang, masalah di depan mata pun tak juga pergi. Hayo, rugi mana?

4. Sabar Soal Hati

Ketika hatimu hancur, itu bagus. Dengan hati yang pecah, maka cahaya Tuhan akan lebih mudah masuk ke dalamnya. 
Shaykh Hamza Yusuf

Patah hati memang menyakitkan. Dan biasanya, si “penderita” akan sibuk mencari kambing hitam atas deritanya. Namun patah hati bisa jadi teguran akan hati yang selalu tertutup dari kebaikan.

Dengan patahnya hati tersebut, maka hidayah Tuhan diharapkan bisa masuk dan membawa kebaikan. Nah, ternyata yang memilukan tak selalu berujung buruk bukan?

5. Sabar Dalam Menutupi Perbuatan Baik

Sembunyikan kebaikanmu, sebagaimana engkau menyembunyikan keburukanmu.
Imam Al-Ghazali

Nah ini nih yang jadi sulit dilakukan sama remaja jaman sekarang setelah adanya sosmed. Berbuat baik sedikit, curhat di status. Habis sholat langsung selfie pakai mukena di sosmed Instagram. Selesai tadzarus lansung update di Twitter.

Emang enggak dosa sih tapi apa enggak sayang kalau amalnya cuma dihargai “like” follower yang enggak ngefek apa apa?! Semoga kata kata bijak Islam singkat bisa bikin kita semua jadi lebih arif dalam berbuat yah!

Dapat Pencerahan dari Kata Kata Bijak Islam tentang Kehidupan di Atas?


Itulah beberapa kata kata bijak islam tentang kehidupan yang diharapkan bisa membawa pencerahan bagimu. Masalah hidup memang tak pernah berhenti dan bobotnya pasti lebih berat seiring berjalannya waktu.

Sekuat kuatnya pribadi seseorang, pasti akan waktu menjadi lemah juga. Jadi sulit untuk memahami makna kehidupan dari adanya suatu masalah. Dan quotes di atas semoga bisa membantu untuk memaknai masalah dalam hidup tersebut.

No comments:

Post a Comment